Mengapa Android dan iOS menjadi Operating System Mobile yang Dominan?

Pertama, yang menyebabkan IOS dan Android menjadi dominan adalah berbagai jenis dan jumlah aplikasi di layar berukuran lebar. Bukan karena program cicilan.

Kehadiran berbagai aplikasi ini membuat handphone bukan lagi handphone alat komunikasi, tapi menjadi modular computing device. Artinya, bagi sejumlah orang tertentu smartphone terutama adalah juga pemutar video (YouTube), bagi lainnya adalah browser, bagi lainnya lagi adalah alat permainan game, dan tentunya, PDA. Seperti halnya pada personal computing, kehadiran berbagai aplikasi, dan standar 4G, membuat setiap komponen ekosistim ini terus berlomba saling menyempurnakan diri (OS, aplikasi, prosesor, layar, baterai dan lainnya).
Android dan iOS menjadi raja di pasar mobile market (Gambar hanya sebagai pemanis belaka :)

Tak ada yang salah dengan produk dan model bisnis Nokia dan Blackberry. Yang salah hanya perubahan datang terlalu cepat. Begitu cepatnya sehingga membuat mereka menjadi usang. Dulu, sebuah aplikasi mobile hadir setelah melalui proses pembuatan yang lama oleh pusat pengembangan aplikasi tertentu dan itu pun jarang ada. Sebuah handphone hanyalah alat komunikasi. Namun, IOS dan Android mendadak hadir di mana semua pembuat aplikasi dapat memasarkan aplikasi mereka di online store. Itulah perubahan luar biasa yang tak dapat dibendung siapa pun. The power of people.

Sama halnya, kehadiran torrent sempat membuat hampir saja semua tersedia untuk download secara gratis. Namun karena melanggar hukum, akhirnya mulai pudar perlahan.

Saya sendiri termasuk yang telat pindah ke smarphone layar sentuh karena terlalu terbiasa dengan keyboard di Blackberry. Namun, begitu terbiasa dengan layar lebar dan berbagai keunggulan Android, dapat Blackberry terbaru gratis pun tak saya buka lagi kardusnya. (Red - IQC/KV)