Pengertian Pembelajaran

Yang dimaksud dengan pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara peserta didika dengan tenaga pendidik ( Guru / Trainer ) dan sumber belajar ( materi Pelajaran ) dalam suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa, Trainer dan trainee untuk saling bertukar informasi. Sedangkan menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, pengertian pembelajaran adalah proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar.

Belajar adalah suatu proser perubahan yang mendekati permanen dalam tingkah laku atau potensi perilaku sebagai hasil dari suatu pengalaman atau bentuk latihan yang sangat kuat. Belajar biasanya diakibatkan oleh adanya interaksi antara 2 hal yang sangat berkaitan yaitu stimulus dan respon. Setiap orang baru bisa dibilang sudah belajar / mempelajari sesuatu jika ia bisa menunjukkan dan mewujudkan perubahan tingkah lakunya. Bisa dibilang, hal terpenting dari proses belajar adalah stimulus (suatu ha yang bisa menjadi input), dan respon (output dari stimulus).
pengertian-pembelajaran

Dalam hal ini, Stimulus bisa berupa materi pelajaran apa saja yang disalurkan / diajarkan guru kepada peserta didik, sedangkan responnya adalah berupa tanggapan dan atau reaksi pelajar terhadap stimulus / bahan ajar yang diajarkan oleh guru. Apa yang terjadi antara stimulus dan respon dalam proses belajar tidaklah penting untuk diperhatikan. Hal ini disebabkan kerena suatu proses tidak bisa diamati dan tidak dapat diukur, sedangkan yang bisa diamati adalah stimulus (guru) dan respons(murid). Maka dari itu, materi pelajaran / bahan ajar yang diberikan oleh guru sebagai stimulus serta materi yang diterima oleh pelajar sebagai perespons harus bisa diamati dan dapat diukur.

pengertian pembelajaran adalah proses interaksi untuk membantu peserta didik agar agar peserta didika bisa belajar serta menguasai isi materi pelajaran (bahan ajar) hingga mencapai setandar yang telah ditentukan (kognitif) serta bisa mempengaruhi perubahan tingkah laku dan sikap (afektif) dan juga bisa meningkatkan ketrampilan ((psikomotor) dari peserta didik. - Fauzi.Web.ID

Tak jarang seseorang menyamakan antara pembelajaran dan pengajaran. Padahal, antara pembelajaran dan pengarajan memiliki arti yang berbeda. Hal ini disebabkan karena pembelajaran lebih menekankan kepada interaksi antara guru sebagai tenaga pengajar dengan murid sebagai peserta didik. sedangkan pengajaran lebih bisa diartikan sebagai pekerjaan satu pihak yaitu guru sebagai tenaga pengajar saja tanpa menekankan interaksi dalam prosesnya. padahal, dalam konteks pendidikan interaksi antara guru dan murid sangatlah vital. Hal ini disebabkan karena tujuan dari pembelajaran adalah agar peserta didika bisa belajar serta menguasai isi materi pelajaran (bahan ajar) hingga mencapai setandar yang telah ditentukan (kognitif) serta bisa mempengaruhi perubahan tingkah laku dan sikap (afektif) dan juga bisa meningkatkan ketrampilan ((psikomotor) dari peserta didik.