Wow, Dolar Tembus 15 Ribu!!! Ini tanggapan saya

Segalanya pasti ada plus minusnya, begitupun dengan naiknya dolar. Apa tanggapan masyarakat tergantung perspektif masing-masing.

Ketika dolar naik, bagi kalangan industri kreatif dan exsportir merupakan sebuah berkah karena naiknya nilai jual barang yang berimbas pada naiknya pendapatan & kesejahteraan masyarakat dan industri kreatif.

Namun, ketika dolar naik diterima oleh masyarakat konsumtif dan importir maka mereka akan mengeluh karena naiknya harga barang barang impor dan turunannya (kebanyakan barang tersier/mewah). Semakin banyak keluhan, semakin tinggi tingkat konsumtifnya dan menunjukkan bahwa ia sama sekali belum mandiri.

Dan ketika dolar naik dan didengar oleh masyarakat desa, maka hal itu hampir sama sekali tidak berdampak apa-apa. Karena masyarakat desa tidak ada yang bertransaksi dengan dolar, tidak konsumtif terhadap produk impor dan untuk pemenuhan kebutuhan biasanya lebih mengutamakan produk lokal.

Kalau kita masih banyak mengeluh dengan naiknya dolar, coba instropeksi diri. Mungkin gaya hidup kita terlewat, terlalu konsumtif dan tidak bisa menghargai produk dalam negeri alias terlalu bergantung pada produk impor.